13 Mei 2008

Sistem Satelit EROS

Satelit EROS A (diluncurkan oleh ImageSat pada tanggal 5 Desember 2000) merupakan satelit kecil LEO dengan sistem kamera elektro optis tunggal. EROS A mampu memperoleh data citra pankromatik beresolusi tinggi.

Selengkapnya...

Program EROS terbentuk dari sebuah kumpulan enam EROS B satelit pencitraan dengan resolusi tinggi, menggunakan sistem dan teknologi angkasa MBT yang terkait dengan satelit-satelit orbit terendah bumi yang terjamin. Kinerja dari EROS A1, program EROS pendahulu dan EROS B1, satelit pertama dari konstelasi yang digambarkan dari dokumen ini. Walaupun satelit EROS ditempatkan diorbit sun synchronous, oleh pembuat yang telah ditentukan, design satelit ini juga dapat di operasikan pada orbit circular dengan ketinggian antara 480 Kms samapi dengan 700 Kms, dengan sudut antara 40 – 130 derajat. Satelit ini akan menghasilkan pencitraan digital pada bumi dari udara dan mengirimkannya, secara secara langsung, sehingga sistem ini perlu untuk memilih stasiun penerima di bumi.

Setiap satelit akan diaktifkan pada bentuk apapun dari tiga bentuk operasinya, yang dinamakan SOP (system operating partner), PAS (priority acquisition services), atau AAD (acqusition archiving and distribution), seperti yang didefinisikan pada lampiran satu yang telah ditentukan.

Satelit EROS A dirancang untuk memperbesar fleksibili-tas dalam pembuatan dan penyesuaian rencana akuisisi citra harian.

Konstelasi satu satelit EROS A dan enam satelit EROS B akan diluncurkan lima tahun yang akan datang. Seluruh satelit EROS akan menuju ke orbit polar, yang sun-synchronous, sehingga seluruh citra yang direkam oleh satelit akan diambil pada waktu lokal yang sama, setiap hari, bulan, dan tahun. Periode orbital (waktu diambil untuk satu kali revolusi mengelilingi bumi) untuk tiap satelit adalah 90 menit, dan berevolusi terhadap bumi sebanyak 16 kali dalam 24 jam,dengan melewati dua atau tiga hari terang setiap hari melalui stasiun penerima bumi, tergantung posisi lintang stasiun.

Konstelasi akan menyediakan cakupan global, ditambah dengan kenampakan khusus pada revisit harian suatu tempat. Kenampakan revisit harian EROS akan tergantung pada berapa banyak satelit di orbit. Untuk satu satelit, waktu respon rata-rata adalah 1,8 hari. Dengan 6 satelit, perekaman dapat dilakukan setidaknya sekali dalam sehari untuk setiap lokasi tertentu dalam daerah cakupan pada stasiun penerima bumi. Delapan satelit akan memungkinkan merevisit lebih dari dua kali dalam sehari.

Satelit EROS A dan B1 dilengkapi dengan kamera perekaman secara pankromatik, sehingga proses perekaman bergantung pada pergerakan satelit. Satelit memiliki kemampuan perekaman off nadir lebih dari 45 derajat dalam segala arah. Perekaman citra menggunakan teknik pushbroom. Satelit akan mampu merekam permukaan bumi pada setiap putaran pada saat sudut matahari yang melewati horison lebih dari 20 derajat.

sumber : www.imagesatintl.com