24 Mei 2008

ArcView GIS ( Bagian 1 )

Selamat datang di ArcView GIS, pelopor perangkat lunak untuk desktop GIS dan pemetaan. ArcView GIS memberikan anda kemampuan untuk menggambarkan, menyelidiki, dan melakukan analisa data geografi. ArcView GIS dapat menjadi alternatif untuk memperbaharui data, melihat pola sebelumnya, untuk mengartikan hubungan geografi yang sebelumnya hilang, memperoleh wawasan, pemecahan masalah, dan mencapai keberhasilan baru untuk anda sendiri dan perusahaan anda.
Pada bagian ini akan dibahas mengenai : (1) Apa yang dapat dilakukan dengan ArcView GIS, (2) Tips untuk belajar ArcVIew GIS

Selengkapnya...

(1) Apa yang dapat dilakukan dengan ArcView GIS
Manusia menggunakan peta untuk seribu tahun lalu sampai sekarang dan menganalisa informasi geografi. ArcView GIS melestarikan tradisi kuno ini. ArcView GIS datang dengan banyak manfaat dari data siap pakai, anda dapat menggunakan segera untuk membuat seratus peta yang berbeda. Tambahan data yang tersedia dari ESRI, dari perusahaan yang berbeda, dan dari internet. Anda dapat menggunakan ArcView GIS untuk mengambil data dan menyimpannya dalam format file shape anda sendiri, format ARC/INFO, dan banyak lagi format yang lain. Anda dapat juga menggunakan ArcView GIS untuk membuat data geografi anda sendiri.

Anda dapat membuat peta yang diinginkan, sangat mudah menambahkan data tabel, seperti file dBASE dan data dari database server kedalam peta anda sehingga dapat ditampilkan, dipilah, disederhanakan, dan diatur secara geografi. Secara nyata, dengan ArcView GIS, anda akan mendapatkan perangkat lunak yang sangat berguna dan bagaimana mudahnya untuk memecahkan persoalan dengan membuka dan menganalisa kecenderungan dan pola spasial dari data tersebyt.

(2) Tips untuk belajar ArcVIew GIS
Kami menganjurkan anda mulai belajar ArcView GIS dengan membaca bagian “Memulai ArcView GIS” yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. Meliputi dasar-dasar ArcView GIS. ArcView GIS beserta data yang digunakan sebagai panduan, sehingga anda dapat mengikuti tahap demi tahapnya pada komputer anda.

Pada bagian lainnya dalam tutorial ini diterangkan Apa yang dapat anda lakukan dengan ArcView GIS dan diberikan contoh prosedurnya. Kami tidak melengkapi data yang digunakan dalam contoh lebih lanjut, tetapi jika anda ingin latihan anda dapat menggunakan data yang ada pada saat anda menginstall ArcView GIS atau data anda sendiri

Jika anda memerlukan keterangan lebih lanjut tentang hal atau prosedur khusus, gunakan on line help ArcView GIS. On line help juga menyediakan acuan pemahaman dan pemecahan masalah untuk ArcView GIS.

Jika anda mendapatkan ArcView GIS Versi 2, kami menyarankan anda mulai dengan melihat pada bagian terpisah booklet 'What’s New' atau bagian 'What’s New' dari on line help ArcView GIS. Setelah itu anda dapat melompat pada bagian "Memulai ArcView GIS".

Bagian-bagian selanjutnya akan membahas mengenai hal-hal yang sering dilakukan berkaitan dengan pemetaan :
Bagian 6 : Simbolisasi data
Bagian 7 : Memberi label peta dengan teks dan grafik
Bagian 18 : Membuat dan editing data spasial
Bagian 19 : Menggunakan meja digitasi
Bagian 22 : Bekerja dengan data dari Spatial Data Engine

Jika anda mendapatkan dari ArcView GIS Versi 1, kami menyarankan anda membaca semua tutorial ini, termasuk bagian "Memulai ArcView GIS".

ArcView GIS datang bersama bahasa pemprograman berorientasi objek dan lingkungan pengembangan yang disebut Avenue. Anda dapat menggunakan Avenue untuk otomatisasi, atau membuat aplikasi berbasis ArcView GIS. Avenue diterangkan pada tutorial ini pada bagian "Using Avenue".

Perluasan ArcView GIS ditambahkan dalam program tambahan (extension) yang disediakan dengan fungsi khusus GIS. ArcView GIS datang bersama dengan beberapa perluasan (extension), seperti Digitasi dan CAD Reader. Extension ini juga akan dibahas pada tutorial-tutorial berikutnya. Beberapa extension tidak terinstall secara otomatis pada saat menginstall ArcView GIS, seperti ArcView Network Analyst dan ArcView Spatial Analyst.

Kunjungi Website ESRI. Mendapatkan hal terbaru tentang ArcView GIS, dan informasi tentang produk ESRI serta pelayanannya. Semua ada di www.esri.com

Gunakan Help yang ada pada software ArcView GIS.

Mendapatkan dukungan teknik dari ESRI

Silahkan melihat pada kartu registrasi dan dukungan produk yang ada bersama ArcView GIS, atau lihat pada bagian help on line ArcView GIS yang disebut ‘Obtaining technical support’.