29 Mei 2008

Tutorial ArcView ( Bagian 2aiii )

Berikut ini dijelaskan beberapa tools yang digunakan untuk melakukan navigasi di atas peta

Selengkapnya...

Tombol Zoom To Full Extent Pembesaran ke luas ruang seluruh theme dalam tampilan. Sebagai contoh, jika anda memperbesar dua kali pada tampilan, anda dapat klik tombol ini jika anda ingin melihat seluruh tampilan lagi.

Tombol Zoom To Active Themes Pembesaran ke luas ruang dari theme yang aktif dalam tampilan. Theme dalam tampilan selalu mempunyai perbedaan luas ruang. Beberapa theme mewakili gambar yang terletak pada seluruh peta, sementara yang lain mewakili gambar yang terdapat di daerah tertentu pada peta. Dengan tombol ini anda dengan mudah memperluas daerah yang ditutupi dengan theme tertentu tersebut dimana anda menghendakinya. Sebelum anda klik tombol ini, klik nama theme dalam Table of Content yang ingin anda perbesar. Setelah theme aktif. Jika anda ingin memperbesar daerah yang ditutupi oleh lebih dari satu theme, tahan kebawah dengan tombol SHIFT pada keyboard dan kelik pada nama-namanya agar mereka aktif, sebelum anda klik tombol ini.

Tombol Zoom to Selected Feature
Pembesaran untuk luas ruang yang saat ini dipilih dari theme yang aktif.

Setelah anda pilih gambar tertentu dalam theme (sebagai contoh, dengan menggunakan ArcView’s Query Builder untuk mendapatkan gambar dengan atribut tertentu), klik tombol ini untuk perbesaran dalam daerah yang dilingkupi oleh gambar yang anda pilih.

Tombol Zoom In
Pembesaran kedalam pusat tampilan.
Tombol Zoom Out
Pembesaran keluar dari pusat tampilan.
Tombol Zoom to Previous Extent Kembali sebelum perluasan ruang sebelumnya. Klik tombol ini jika ingin keadaaan sebelum pembesaran. Anda dapat menggunakan pilihan ini jika ingin kembali kejejak anda sampai pada lima langkah.

Bila anda memilih tool dan memindahkan kursor diatas tampilan, kursor akan berubah sebagai reaksi tool yang anda pilih. Tool menunggu sampai anda pilih salah satunya.

Tool Zoom In
Untuk membesaran pada pusat posisi yang dipilih pada tampilan, klik pada posisi dengan tool ini. Untuk pembesaran kedalam daerah yang dipilih pada tampilan, geser kotak diatas daerahnya dengan tool ini.

Tool Zoom Out
Sama dengan tool Zoom In tetapi Zoom Out dari posisi yang anda klik atau daerah yang anda geser.

Tool Pan
Memberikan anda pergeseran tampilan dengan menggeser pada tampilan dalam sembarang arah dengan mouse. Untuk menggeser, klik tool ini, gerakkan kursor dimana saja pada tampilan, tahan tombol mouse, dan geser dalam sembarang arah. Lepaskan tombol mouse untuk membiarkan tampilan dalam posisi yang anda kehendaki.

Selanjutnya akan dijelaskan cara pemberian label pada peta