26 Mei 2008

ArcView GIS ( Bagian 2ai )

Bagian ini akan menuntun anda menelusuri ArcView GIS (yang selanjutnya disebut ArcView saja). Anda akan mempunyai sedikit dasar bagaimana menggunakan ArcView, seperti menampilkan peta, merubah tampilan (view), menggunakannya untuk menjawab pertanyaan (query), dan melakukan pencetakan peta. Panduan ini memperlihatkan bagaimana menggunakan ArcView dengan cara yang benar.

Pada bagian ini anda akan menggunakan ArcView untuk keperluan :
(1) Latihan 1 : Membuat dan mencetak peta Afrika
(2) Latihan 2 : Menemukan lokasi terbaik untuk Showroom
(3) Latihan 3 : Mendapatkan dimana pelanggan terbaik anda bertempat tinggal.

Anda dapat menggunkan panduan ini dengan atau tanpa komputer. Jika anda ingin melakukan latihan pada komputer, anda harus segera menginstall ArcView dan sample datanya. Jika anda menginstall data tutorial, anda dapat menemukan dalam direktori atau folder yang disebut ‘avtutor’. Sebagai default, program instalasi meletakkan ‘avtutor’ pada sistem anda dalam direktori ‘esri’ (Windows), folder ‘esri’ (Macintosh), atau direktori ‘av3data’ (UNIX).
Sekarang waktunya untuk memulai bagian pertama ArcView anda !

Selengkapnya...

Latihan 1 : Membuat dan Mencetak Peta Afrika
Anda sedang menulis laporan tentang populasi Afrika. Anda ingin membuat peta yang memperlihatkan harapan hidup di Afrika untuk menggambarkan laporan anda.

Dalam latihan ini anda akan melihat bagaimana :
(i) Membuaka Project ArcView yang sudah ada
(ii) Menambahkan data geografi (peta dunia)
(iii) Memperbesar daerah yang menjadi daya tarik (daerah kajian)
(iv) Memberi Label
(v) Pencetakan judul peta, legenda, skala dan arah utara

(i) Membuka Project ArcView yang sudah ada
- Jalankan ArcView. Bila tampilan pembuka menghilang, anda akan melihat jendela aplikasi ArcView seperti gambar berikut :

















Gambar jendela aplikasi ArcView

- Dari ArcView menu pilih File, pilih Open Project. Suatu project adalah file dimana anda menyimpan pekerjaan dengan ArcView. Suatu project berisi semua tampilan (view), tabel, chart, layout dan script yang anda kerjakan khusus pada aplikasi ArcView atau kelompok yang berhubungan dengan aplikasi. Dalam hal ini, pekerjaan anda disimpan dalam satu tempat yang tepat. Nama file project memiliki extension *.apr - Dalam kotak dialog yang muncul, browse ke direktori atau folder data dengan nama ‘avtutor’ yang ada pada panduan ArcView. Klik dua kali direktori 'avtutor', dan klik dua kali direktori ‘arcview’, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :











Gambar Kotak dialog browse project


- Pilih file project yang disebut ‘qstart.apr’ dari daftar yang ada pada sisi kiri dari kotak dialog dan tekan OK (Open pada Macintos). Bila project terbuka, anda akan melihat jendela dengan nama ‘qstart.apr’. Inilah yang disebut sebagai jendela project. Jendela project memberikan anda jalan masuk ke semua komponen dalam project. Ia juga memungkinkan anda membuat komponen baru. Seperti yang anda lihat dari daftar dalam jendela project, 'qstart.apr' berisi tiga tampilan (view), seperti pada gambar berikut :

















Gambar Jendela Project 'qstart.apr'


Posting berikutnya akan membicarakan tentang cara menambahkan data pada suatu project.