30 Mei 2008

Antarmuka ( User Interface ) ER-Mapper

Pada bagian ini akan sedikit dijelaskan mengenai beberapa komponen utama pada tampilan (interface) ER-Mapper. Hampir semua operasi menggunakan tombol pada mouse, dan hanya sedikit sekali yang dilakukan dengan mengetik pada keyboard.

Selengkapnya...

A. Penggunaan Mouse

Pada saat menjalankan ER-Mapper, gunakan tombol kiri mouse untuk menjalankan suatu operasi, seperti memilih items dari menu, merubah jendela citra, dan menggambar annotasi. Beberapa istilah yang umum pada saat menggunakan mouse:
- Point, menempatkan pointer mouse pada suatu item (pilihan pada tampilan ER-Mapper).
- Click, menempatkan pointer pada suatu item dan menekan tombol kiri mouse sekali, Double-Click (klik ganda) berarti menekannya dua kali.
- Drag, tekan tombol kiri mouse dan menahannya, lalu membawa pointer mouse ke lokasi yang baru. Simbol pointer mouse akan berubah tergantung dari apa yang ditunjukkan oleh pointer tersebut:

Memilih menu commands dan klik tombol; menunjukkan nilai digital atau koordinat pada citra.

Menulis atau memilih text, atau merubah masukan angka.

Memperbesar atau memperkecil tampilan citra atau

Memilih jendela yang tidak aktif menjadi jendela aktif (current window)

Menggeser citra pada jendela citra.

Menggambar annotasi, membuat region, membuat obyek komposisi peta.

B. Menu Utama ER-Mapper

Menu utama ER-Mapper muncul langsung setelah kita membuka ER-Mapper. Menu utama ini mempunyai dua komponen utama yaitu menu bar dan tombol toolbar (toolbar buttons) Gambar 4 di bawah ini :

Gambar 4. Menu Utama ER-Mapper

- Menu bar, tempat pilihan perintah yang akan digunakan pada pengolahan citra, untuk memilih perintah pada menu bar, klik nama pada menu bar, kemudian pilih perintah yang akan dijalankan.
- Tombol toolbars, tempat menampilkan pilihan perintah urnum secara cepat, untuk menjalankannya hanya klik pada tombol perintah yang diinginkan..
- Tool tips, untuk mengetahui fungsi tombol tersebut, letakkan pointer di atas tombol yang ingin diketahui, kemudian akan muncul kalimat (tool tips) yang memberitahukan fungsi tombol tersebut Ada 18 toolbar yang dapat diaktifkan selain toolbar standar (standard toolbar) dan toolbar fungsi umum (common function toolbar). Semuanya dapat diaktifkan dan disembunyikan dengan meng-klik toolbar menu pada menu bar. Untuk mengaktifkan klik pada toolbar yang akan di aktifkan dan akan muncul tanda centang ( v ) yang menunjukkan bahwa menu tersebut aktif.

ER-Mapper terdiri dari 8 menu utama yaitu File, Edit, View, Toolbars, Process, Utilities, Windows dan Help. Untuk mengetahui fungsi dari menu-menu utama tersebut, berikut akan kita bahas sekilas. Jendela utama ER-Mapper akan secara otomatis menampilkan menu bar yang berisikan seluruh fungsi dan perintah pada ER-Mapper.
1. Menu Edit
- Annotate Vector Layer : Menampilkan data vector
- Edit/Create Regions : Membuat dan melakukan editing pada data vector, perintah ini juga digunakan untuk membuat training area pada proses klasifikasi terbimbing (supervised classification)
- Edit ARC/INFO Coverage : Membuat dan melakukan editing pada data vektor yang berformat ARC/INFO Workspace.
- Edit Class Region Color and Name : Membuat dan melakukan perubahan nama atau warna pada kelas-kelas hasil proses klasifikasi. Hanya dapat digunakan pada data citra yang telah terklasifikasi.

2. Menu View
Anda dapat melakukan menampilkan beberapa item didalam menu view ini seperti hasil perhitungan statistik, tampilan citra normal atau 3D, alogaritma, nilai pixel, posisi koordinat lainya. Beberapa perintah penting pada menu view adalah sebagai berikut:
- Algorithm : Membuka algorithm dialog box. Perintah dapat dipersingkat dengan menekan tombol.
- Quick Zoom : Memperbesar atau memperkecil tampilan citra. Perintah dapat dipersingkat dengan menekan tombol-tombol berikut
- Statistic : Menampilkan nilai –nilai statistic dari data citra
- Cell Value Profile : Menampilkan nilai piksel (Digital Number/DN) pada setiap band dalam data citra
- Cell Coordinat : Memberikan informasi mengenai letak geografis suatu obyek titik pada citra

3. Menu Toolbars
Menu Toolbars digunakan untuk menampilakan short-cut atau menu singkat yang ditampilkan dalm ikon-ikon untuk menjlankan perintah tertentu dalam kelompok bidang penggunaan tertentu seperti Forestry, Mineral, dan lain-lain yang tertera pada menu toolbar.

4. Menu Process
Menu Process berisi menu-menu pemrosesan didalam ER-Mapper seperti klasifikasi, konversi data, rektifikasi, penghitungan nilai statistik dan laimnya.

Beberapa perintah penting pada menu prosess adalah sebagai berikut :
- Raster Cell to Vektor Polygons : Merubah data raster menjadi bentuk data vector
- Calculate Statistic : Menghitung nilai-nilai statistik data citra
- Classification : Menjalankan proses klasifikasi data citra satelit
- Rectification : Melakukan koreksi geometrik

5. Menu Utilities
Didalam menu utilities anda dapat melakukan proses import data dari sumber/format lain dan eksport data dari ER-Mapper kedalam format lainnya, managemen file dan lainnya. Hal penting pada menu Utilities adalah :
- Import : Mengkonversi format data citra menjadi format ER-Mapper
- Export : Mengkonversi data citra dari format ER-Mapper menjadi data dalam format yang lain.

6. Menu Windows
Menu Windows digunakan untuk membuat windows baru dengan cara Klik menu Windows, pilih New Windows dan juga menampilkan nama-nama window lainya yang sedang dibuka dalam ER-Mapper

7. Menu Help
Menu Help berisi informasi-informasi bantuan yang dibutuhkan user seperti tutorial, konsep ER-Mapper dan lainnya.

8. Kotak Dialog ER-Mapper
Pada saat memilih suatu perintah atau menekan tombol pada toolbar, sering muncul kotak dialog yang mengharuskan kita untuk mengisi pada kotak kosong atau memilih file, atau memilih option yang disediakan ER-Mapper dengan meng-klik Scrool bar (panah geser).

Ketika kita memilih untuk membuka atau menyimpan dataset, algoritma atau file lain, ER-Mapper akan menampilkan kotak dialog pemilihan file. Jendela utama menampilkan daftar direktori atau file pada direktori aktif. Pada menu kotak dialog pemilihan file diatas, memiliki fungsi:
- History Menu, merubah direktory aktif, berisi daftar direktori yang telah dibuka, berurutan dari yang baru dibuka paling atas dan yang lama sebelah bawah.
- Special Menu, untuk merubah direktori awal (home direktori), atau untuk menandakan atau tidak direktori.
- View Menu, Mengurutkan isi direkori berdasarkan nama, tanggal dirubah atau tanggal dibuat.
- Volumes Menu, Untuk mengakses ke disk drive.
- Directories Menu, Untuk merubah direktori yang dibuat sistem manager komputer.

Gambar 5 : Kotak Dialog Pemilihan File ER-Mapper