08 Mei 2008

Peta dan Kecantikan

Apa hubungan peta dengan kecantikan? Pertanyaan ini terkesan mengada-ada, namun itulah yang telah "digarap" oleh perusahaan Romania, Geo Strategis, yang mengerjakan aplikasi sistem informasi geografis (GIS) untuk perusahaan kosmetik terkemuka, AVON. Perluasan tematik GIS yang patut untuk dicontoh.

Selengkapnya...

Aplikasi ini, seperti diungkapkan dalam www.geo-strategies.com ditujukan bagi kemudahan perusahaan wanita, AVON Romania untuk melakukan perencanaan strategis, taktik penjualan, investasi dan untuk memonitor pertumbuhan penjualan di wilayah Romania.

Sejak tahun 2000, AVON Romania, telah menggunakan aplikasi ini untuk memplot dan mengimprovisasi pelaksanaan pemasaran dan penjualan mereka. Aplikasi ini telah memungkinkan analis perusahaan untuk memplot dan memvisualisasi kesuksesan komersial dalam konteks geografi regional dan struktur demografis.

Keunggulan aplikasi sangat membantu kesulitan dalam manajemen perusahaan yang semakin meningkat seiring dengan perkembangan database dari sales representative, pelanggan, dan informasi sales regional. Dengan pertumbuhan pasar yang excellent, dan dengan database yang lebih simpel di tangan, para manajer dimungkinkan untuk melihat hutan dari atas pohon!.

Data yang mereka gunakan adalah peta Romania 1:200.000 dengan penurunan demografi ke 13 ribu pemukiman yang dimiliki Geo Strategis, peta digital Bucharest, dan database perusahaan baik berupa data representatives, informasi penjualan, dan file personil lainnya.

Permasalahan yang dihadapi dalam membangun sistem ini adalah informasi yang tersedia tidak sesuai dengan analisis fragmentasi menjelang sensus ibukota Bucharest (160 polygon). Demikian pula, demografi dan informasi gaya hidup di Romania tidak memiliki level yang sama seperti kode pos.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, sistem ini juga membantu perusahaan memonitor permintaan kosmetik berbasis data demografis untuk setiap daerah, termasuk variabel deskriptif ? jumlah penduduk, gender dan struktur umur ? dan data prediksi ?termasuk penghasilan.

Aplikasi ini juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan penetrasi pasar Romania, memahami dinamisasi pasar, pantauan kemajuan, dan mendorong perusahaan menjadi pemain utama dalam pasar. Out put dari aplikasi kini telaj menjadi komponen kunci dalam proses manajemen perusahaan.

Aplikasi ini membuat performa perusahaan di level daerah dapat divisualisasi, improvisasi koordinasi aktivitas sales di masing-masing manajer regional, mampu meredefinisi teritori sales berdasarkan trend konsumen, mengoptimalkan sumber daya prusahaan untuk menyeimbangkan alokasi teritori sales sehingga pasar sedapat mungkin tercover, memvisualisasi para pesaing dan wilayah geografis kompetisi, bermanfaat bagi efektifitas disseminasi bahan-bahan promosi, menciptakan proses baru dan instrumen sales, hingga membantu proses pengambilan keputusan perusahaan.

Sumber: Buana Katulistiwa - Kamis 19 Mei 2005